Ampo, Makanan Dari Tanah Liat Yang Digemari Orang Tuban

InfoUnik- Apa yang ada dalam pikiran anda jika mendengar ada makanan yang terbuat dari tanah. Mungkin anda merasa tidak percaya, aneh, jijik dan bertanya-tanya apa benar ada orang yang menjadikan tanah sebagai bahan makanan. Tanah di anggap kotor dan penuh bakteri serta kuman. Jangankan untuk memakan tanah, jika ada makanan yang jatuh ketanah saja 99% orang pasti enggan mengambil lagi makanan yang jatuh untuk dimakan kembali. Namun tidak bagi warga Tuban, Jawa timur. Tanah adalah salah satu cemilan yang biasa dimakan untuk menemani saat-saat santai.
Di daerah Tuban, jawa timur ada sebuah kebiasaan masyarakatnya mengkonsumsi tanah sebagai cemilan. cemilan ini di beri nama Ampo. Ampo adalah sebuah cemilan yang terbuat dari bahan utama berupa tanah liat yang di panggang. Bagi warga tuban, mengkonsumsi ampo tak ubahnya seperti sedang menikmati coklat. Mengkonsumsi ampo dipercaya dapat menguatkan alat sistem percernaan, mengobati berbagai macam penyakit dan membuat perut menjadi lebih dingin.
Di tuban, ampo dibuat tidak hanya untuk di konsumsi sendiri, melainkan juga untuk di jual. Ketika di jual di pasaran cemilan yang terbuat dari tanah ini selalu saja ada peminatnya. Tak ada resep khusus untuk membuat ampo dan proses pembuatannyapun sangat mudah dan sederhana. Untuk membuat ampo, masyarakat tuban mencari tanah yang di anggap bersih. Bersih dalam artian terhindar dari kotoran hewan dan batu-batu kerikil. Berikut tahapan proses pembuatan ampo :
  • Tanah di ambil dan di bersihkan dari batu-batu kecil yang terkandung di dalamnya.
  • Tanah di bentuk seperti dadu berukuran kira-kira sebesar kotak sepatu.
    Tanah Dikikis Hingga Berbentuk Stik
  • Tanah di kikis hingga membentuk seperti stik-stik sepanjang 5-7 cm.
    Ampo Di Panggang Di Atas Tungku
  • Stik-stik di tumpuk di atas tungku untuk di panggang selama kurang lebih 1 jam.
    Ampo Siap Di Santap Dengan Ditemani Segelas Kopi
Karena terbuat dari tanah, ampo dapat dikategorikan sebagai makanan yang unik. Bagi anda yang tertarik ingin mencobanya dapat berkunjung ke daerah tuban, jawah timur.
Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
Eka Supardi
AUTHOR
December 17, 2015 at 10:14 PM delete

sy minat mau coba ..di jakarta ada tdk yg jual

Reply
avatar

Untuk Berkomentar Tanpa Login, Silahkan Pilih "Anonymous" Pada Comment As Dibawah.
Komentar Akan Tampil Setelah Mendapatkan Persetujuan Admin. EmoticonEmoticon