Makanan Unik Suku Karo Yang Berbahan Rumput Dari Lambung Sapi

InfoUnik- Suku karo atau juga di sebut dengan suku batak karo merupakan salah satu suku yang mendiami dataran tinggi karo sumatra utara. Dataran tinggi karo  merupakan daerah yang ada di provinsi sumatra utara yang berjarak kurang lebih 72km dari pusat ibu kota, yaitu medan.
Setiap daerah di indonesia tentu mempunyai jenis-jenis masakan tradisional tersendiri yang menjadi ciri khas daerah. Begitupun suku batak karo yang mempunya makanan tradisional yang menjadi ciri khas. Di daerah dataran tinggi karo ada sebuah masakan unik yang bernama pagit-pagit. Pagit-pagit dikatakan unik karena berbahan dasar dari rumput yang berada di dalam lambung sapi ataupun kerbau. Bila tidak terbiasa, anda akan merasa jijik melihatnya. Karena memang rumput yang berada di dalam lambung sapi ataupun kerbau hampir persis seperti kotoran sapi dan kerbau.

Proses Pengeluaran Rumput Yang Ada Pada Lambung Sapi

Bila diamati pagi-pagit sama halnya dengan gulai-gulai pada umumnya.  Untuk membuat pigit-pigit, rumput yang ada pada lambung sapi di keluarkan dan dipisahkan dari lambung. Rumput yang telah di keluarkan lalu di peras menggunakan kain tipis hingga mengeluarkan air dan air ini lah yang nantinya dimasak dengan aneka bumbu dan campuran bahan lainnya.

Pagit-Pagit Yang Siap Di Santap
Pigit-pigit biasa dibuat dengan campuran bahan seperti daun singkong atau daun ubi, jeroan sapi, tulang dan kulit sapi atau kikil. Makanan yang satu ini dapat di santap dengan ditemani sepiring nasi. Hmmm tertarikkah anda menyantap kuliner unik satu ini ?.
First

Untuk Berkomentar Tanpa Login, Silahkan Pilih "Anonymous" Pada Comment As Dibawah.
Komentar Akan Tampil Setelah Mendapatkan Persetujuan Admin. EmoticonEmoticon