Balut, Makanan Ekstrem Yang Berasal Dari Telur Yang Hampir Menetas

InfoUnik- Telur merupakan salah satu sumber makanan yang kaya akan protein. Normalnya telur yang digunakan sebagai bahan makanan adalah telur yang memiliki kriteria layak konsumsi seperti tidak busuk, belum di erami dan telur belum dalam keadaan hampir menetas. Namun kriteria ini tidak bagi orang-orang di filipina. Di filipina telur yang hampir menetas merupakan salah satu makanan favorit yang banyak di cari.
Mungkin banyak orang akan menggelengkan kepala bila melihat jenis makanan yang satu ini. Bagaimana tidak, makanan ini bersumber dari telur yang di dalamnya terkandung bakal calon unggas baru yang siap menetas.  Makanan ektrem ini di namakan dengan balut egg atau dalam bahasa melayu adalah bungkus atau pembungkus. Telur yang digunakan sebagai bahan baku balut adalah telur bebek yang telah berumur 17-21 hari. Ketika telah berumur 17-21 hari janin bebek mulai terbentuk dan terlihat hampir sempurna seperti kepala, paruh, badan, kaki, sayap dapat diamati dengan jelas.
Balut

Pada prosesnya, pembuatan balut sama halnya dengan membuat telur rebus pada umumnya. Telur bebek di bersihkan dari kotoran lalu di rebus pada panci berisi air selama beberapa menit hingga telur di rasa telah matang. Ketika telah dingin barulah balut dapat di santap sebagai cemilan khas yang menurut orang-orang filipina adalah makanan yang lezat.
Balut
Balut
Untuk menyantap balut dimulai dengan cara memecahkan cangkang bagian atas sehingga membentuk lubang. Dari lubang inilah cairan yang terkandung dalam telur di keluarkan untuk dinikmati. Setelah cairan habis maka proses pengupasan cangkang telur secara keselurahan dapat di lakukan. Bagi orang yang tidak terbiasa maka proses ini merupakan proses yang benar-benar dapat menguji mental, hal ini di karenakan saat pengupasan cangkang maka janin bebek akan mulai terlihat secara utuh guna mulai untuk di santap. Aagar balut lebih nikmat maka bisanya balut di campur dengan sedikit lada, garam ataupun cuka.
Di filipina, balut merupakan makanan jalanan yang banyak di jajakan oleh penjual kaki lima. Oleh karena itu untuk mencari balut tidaklah sulit. Balut dijual dengan harga 33 peso atau dalam rupiah sekitar Rp 9.800. Tertarik untuk menyantap balut????. Bila bernyali maka anda dapat mencoba membuatnya sendiri dirumah dan siap merasakan gregetnya menyantap telur bebek yang hampir menetas.


Previous
Next Post »

Untuk Berkomentar Tanpa Login, Silahkan Pilih "Anonymous" Pada Comment As Dibawah.
Komentar Akan Tampil Setelah Mendapatkan Persetujuan Admin. EmoticonEmoticon