Elai, Durian Orange Khas Kalimantan


Pojokinfounik- Siapa yang tak mengenal durian, buah dengan tampilan sangar yang di penuhi duri tajam namun memiliki daging buah yang super lezat di dalamnya. Durian banyak tumbuh di indonesia dan menjadi salah satu primadona bagi banyak orang. Tekstur daging buahnya yang lembut, manis dan beraroma khas membuat siapapun yang melihat pasti akan tergoda untuk mencicipi.

Di pasaran harga durian  terbilang cukup tinggi yaitu sekitar Rp 30-50 per buah. Umumnya durian yang di jual memiliki daging buah berwarna kuning pucat keputihan, serta tekstur daging buah yang lembek. Namun pernahkah anda melihat ataupun mencicipi durian dengan daging buah berwarna orange ?

Adalah elai atau lai yang merupakan buah durian khas kalimantan yang memiliki daging buah berwarna orange. Buah lai termasuk kedalam kelompok buah durian namun memiliki perbedaan yang sangat mencolok bila di bandingkan dengan varietas durian pada umumnya.

Adapun beberapa perbedaan buah lai dengan durian pada umumnya dapat di tinjau dari bentuk daun, bunga, daging buah dan ukurannya. Buah lai memiliki bentuk daun yang lebih lebar dan tebal bila di bandingkan dengan daun durian yang biasa di temui, selain itu buah lai biasanya memiliki ukuran yang lebih kecil dan aromanya juga tidak setajam durian.
Hal yang paling mencolok yang menjadi pembeda antara buah lai dengan durian pada umumnya adalah dari tekstur dan warna daging buahnya. Daging buah lai begitu menarik karena di dominasi dengan warna cerah seperti warna orange. Siapapun pasti sangat tergiur bila melihat jenis durian yang satu ini. Buah lai memiliki kandungan air yang lebih sedikit, hal ini dapat di lihat dari daging buahnya yang lebih kering dan tidak lembek, hal inilah yang membuat buah lai lebih tahan lama bila di simpan.

Meskipun merupakan tumbuhan khas pulau kalimantan, namun saat ini buah lai juga dapat di jumpai di beberapa daerah lainnya di indonesia seperti di pulau jawa dan di beberapa provinsi di sumatera seperti palembang, jambi dan riau.
Previous
Next Post »

4 komentar

Write komentar
alfifadlan
AUTHOR
January 11, 2016 at 10:17 PM delete

aduh bikin ngiler banget duriannya .saya paling suka makan durian pake ketan, maknyos rasannya ehehe

Reply
avatar
Anonymous
AUTHOR
January 11, 2016 at 11:48 PM delete

iya bro emang maknyos..jangan lupa minumnya kopi hitam biar makin greget :ng

Reply
avatar
Anonymous
AUTHOR
January 12, 2016 at 5:56 PM delete

rindunya aku makan elai nahh

Reply
avatar
January 12, 2016 at 11:22 PM delete

Pasti enak banget durian yang oranye itu. Saya belum pernah makan.

Reply
avatar

Untuk Berkomentar Tanpa Login, Silahkan Pilih "Anonymous" Pada Comment As Dibawah.
Komentar Akan Tampil Setelah Mendapatkan Persetujuan Admin. EmoticonEmoticon