Ini Rahasianya Mengapa Film-Film Hollywood Terlihat Lebih Nyata dan Keren


Pojokinfounik.com- Bila anda adalah seorang penggemar film-film hollywood dan pernah menonton beberapa judul film terlaris seperti rise of the planet of the apes, Avatar, Hobbit, Avenger dan beberapa judul film lainnya, pasti anda akan terkagum-kagum karena menyaksikan efek visual yang seolah-olah begitu nyata dan tanpa cacat. Pada film rise of the planet of the apes misalnya, pada film ini menceritakan konflik antara manusia dan kera. Tokoh kera yang ada di film ini benar-benar seperti sungguhan dan nyaris 100% sama dengan aslinya. Yang sekarang menjadi pertanyaan adalah apakah kera-kera ini memang benar kera sungguhan yang di latih khusus ataukah ada cara yang mampu membuat semuanya seolah-olah terlihat nyata ?

Sesungguh apa yang banyak orang lihat di film planet of the apes bukanlah kera sungguhan, namun berkat kecanggihan teknologi semua tampak seperti sungguhan, mulai dari gerakan, mimik wajah dan hal-hal lain yang menjadi ciri khas binatang ini. Melibatkan hewan dalam pembuatan film tentu bukan hal yang mudah apalagi hewan yang di sertakan merupakan jenis hewan buas yang sulit di atur. Untuk memudahkan membuat film seperti ini maka di ciptakanlah sebuah tehnik yang mampu menampilkan sebuah objek hingga menyerupai objek lain yang diinginkan.

Adapun tehnik ini dinamakan dengan Motion Capture. Motion capture merupakan salah satu tehnik yang sedang populer di kalangan para pembuat film modern. Motion capture diterapkan dengan menggunakan alat yang mampu mengubah gerakan nyata yang dilakukan oleh sebuah objek maupun manusia kedalam kode digital sehingga nantinya dapat dipakai untuk rigging animasi.


Adapun cara kerja motion capture ialah dengan memasang serangkaian alat dan kamera pada sebuah objek ataupun manusia. Nantinya alat ini akan menangkap setiap gerakan tubuh dan mimik wajah pengguna alat. Selanjutnya data yang di tangkap akan di transfer ke komputer guna untuk di olah dan menghasilkan sebuah animasi 3 dimensi. Animasi ini lalu di proses lebih lanjut hingga mampu menghasilkan sebuah karakter atau tokoh yang tampak seperti benar-benar nyata.



Keberadaan motion capture benar-benar membuat kemajuan dalam dunia film. Bahkan tehnik ini juga di gunakan dalam proses pembuatan game sehingga nantinya game mampu menampilkan karakter sebuah tokoh menjadi lebih real. Pembuatan film dan game menggunakan bantuan motion capture menjadikan proses pembuatannya menjadi lebih cepat dan tentunya dengan hasil maksimal. Satu kelemahan penggunaan motion capture ini adalah dari segi biayanya yang sangat mahal. Jadi bagi para pembuat film yang ingin menerapkan tehnik ini maka harus menyiapkan dana produksi yang tidak sedikit.
Previous
Next Post »

Untuk Berkomentar Tanpa Login, Silahkan Pilih "Anonymous" Pada Comment As Dibawah.
Komentar Akan Tampil Setelah Mendapatkan Persetujuan Admin. EmoticonEmoticon