Hewan Terbesar Di Dunia Saat Ini, Berikut Penampakannya


paus biru
Pojokinfounik.com- Diperkirakan saat ini ada sekitar 7,77 juta spesies hewan yang mendiami bumi. Jutaan hewan ini memiliki ciri dan perbedaan antara satu dengan lainya, selain itu ukuran tiap hewanpun berbeda-beda. Jika berbicara mengenai ukuran tubuh hewan, tahukah anda hewan terbesar di dunia saat ini?

Hewan terbesar di dunia saat ini adalah penghuni lautan. Saking besarnya, lidah hewan ini saja dapat memberi makan orang 1 kampung. Bayangkan saja lidah hewan ini memiliki berat 2,7 ton atau setara dengan 4 ekor sapi dewasa, hmm luar biasa bukan !!.

Adapun hewan terbesar di dunia saat ini adalah ikan paus biru si penghuni perairan lautan. Berikut beberapa fakta menarik tentang paus biru si hewan terbesar di muka bumi yang hingga kini keberadaannya masih dapat di jumpai.
hewan terbesar

Ukuran Tubuh

Paus biru memiliki ukuran tubuh yang super besar dan menjadikannya berpredikat sebagai hewan terbesar yaitu dapat mencapai lebih dari 30 meter atau melebihi panjang lapangan basket standar internasional. Ikan yang mampu hidup hingga 80 tahun ini juga memiliki berat yang fantastis yakni mencapai 180 ton.

Mulut ikan paus biru saat terbuka penuh mampu menampung 90 ton makanan bercampur air. Jantung paus biru dewasa memiliki berat sekitar 600 kg atau setara 1 sapi jantan dewasa, sedangkan lidahnya lebih berat lagi yakni 4 kali lipat dari berat jantungnya. Jika di konsumsi, jantung dan lidah paus ini sudah cukup untuk memberi makan masyarakat 1 sampai 2 kampung. 
ukuran tubuh paus biru
Ukuran sirip paus biru dapat melebihi ukuran sebuah pintu yakni lebih dari 3 meter. Dengan di bantu sirip-siripnya ini, ikan paus biru dapat berenang dengan kecepatan mencapai 50km/jam, waktu yang cukup cepat untuk hewan ukuran raksasa.
panjang paus biru
Paru-paru paus biru memiliki kapasitas 5.000 liter. Hewan super raksasa ini  memiliki lubang sembur ganda yang terlindungi oleh splashguard agar air tidak masuk saat sedang melakukan proses pernapasan. Ketika bernapas paus biru dapat menghasilkan semburan air yang dapat mencapai ketinggian 12 meter.

Masa Kawin Paus Biru

Paus biru hidup di perairan yang memiliki kandungan makanan yang berlimpah, namun pada saat musim kawin maka ikan-ikan ini akan bermigrasi ke tempat perairan yang lebih hangat seperti perairan di daerah khatulistiwa. Untuk musim kawin di mulai pada ujung musim gugur dan hal ini akan berlanjut hingga sampai musim dingin.

Periode melahirkan paus biru cukup lama yakni 3 tahun sekali dan hal ini lah yang menyebabkan populasi ikan paus biru lambat berkembang. Bayi ikan paus biru yang baru lahir dapat mencapai berat yang menyamai 2-3 banteng dewasa. Besarnya ukuran bayi ikan paus biru berdampak pada tingginya jumlah susu yang di konsumsi. Anak paus biru meminum 400 hingga 570 liter susu setiap harinya. 

Makanan Paus Biru

Meskipun memiliki ukuran tubuh yang sangat besar akan tetapi makanan paus biru adalah hewan-hewan kecil lautan seperti udang-udang kecil, plankton, cumi dan ikan-ikan kecil. Paus biru dewasa mampu melahap hingga 39 juta udang-udang kecil dalam 1 hari. Paus biru makan dengan cara membuka mulutnya yang lebar dan menyedot mangsa kedalam mulut. Sesampai dimulut makanan-makanan ini akan di pisah dengan air yang juga turut masuk kedalam mulut. Makanan yang masuk ke mulut akan di saring dan air di keluarkan. 
Populasinya Yang Terus Menurun

Kian hari jumlah ikan paus biru terus berkurang hal ini disebabkan oleh perburuan yang sering manusia lakukan dan juga di sebabkan periode melahirkan yang cukup lama. Saat ini jumlah populasi ikan paus biru diperkirakan sebanyak 5000 ribuan ekor saja. Melihat populasinya yang terus menurun membuat hewan ini menjadi salah satu hewan yang paling di lindungi di dunia.
Previous
Next Post »

Untuk Berkomentar Tanpa Login, Silahkan Pilih "Anonymous" Pada Comment As Dibawah.
Komentar Akan Tampil Setelah Mendapatkan Persetujuan Admin. EmoticonEmoticon