Keren, Robot Ini Bisa Merasakan Rasa Sakit

robot canggih
Gambar Ilustrasi

Pojokinfounik.com- Perkembangan di dunia robot semakin kesini semakin menunjukkan perkembangan yang luar biasa pesat. Sebelumnya beberapa peneliti dari salah satu universitas di amerika telah berhasil mengembangkan robot pengintai super canggih seperti cyborg beetle atau ada juga robot lainnya yang berasal dari jepang dengan paras cantik yang 100% memiliki raut wajah yang benar-benar mirip manusia dan mampu berkomunikasi, maka kali ini adalagi terobosan baru dalam dunia robot yaitu robot yang memiliki kemampuan merasakan sakit layaknya manusia.

Robot canggih ini merupakan hasil pengembangan peneliti Johannes Kuehn dan Sami Haddadin yang berasal dari University of Hannover. Dengan teknologi yang di sematkan pada robot ini nantinya memungkinkan si robot merasakan kedinginan, merasakan sakit saat mengalami benturan bahkan juga dapat melakukan aktifitas bernafas layaknya manusia.

Robot canggih ini di ciptakan dengan jaringan-jaringan saraf  yang terinspirasi dari jaringan saraf yang terdapat pada kulit manusia. Pada robot ini berisi jaringan sensor listrik yang mencerminkan jalur saraf seperti pada jari manusia. Dengan saraf-saraf inilah robot mampu bereaksi ketika mengalami interaksi fisik dengan manusia ataupun objek-objek lain di sekitarnya. Proyek robot ini benar-benar suatu terobosan yang luar biasa dan di kagumi banyak orang, bahkan Kuehn dan Haddadin telah mempresentasikan karya mereka dalam Konferensi Internasional tentang Robotika dan Otomasi (ICRA) IEEE baru-baru ini di Stockholm

Dengan berhasil di kembangkannya teknologi robot supercanggih ini menjadi awal mula di bukanya pintu gerbang untuk menuju kepada generasi baru robotika otonom. Kalau sudah begini, bukan sesuatu yang mustahil jika suatu saat nanti robot-robot supercanggih yang sering di pertontonkan di film-film Hollywood akan benar-benar lahir di muka bumi.
Previous
Next Post »

Untuk Berkomentar Tanpa Login, Silahkan Pilih "Anonymous" Pada Comment As Dibawah.
Komentar Akan Tampil Setelah Mendapatkan Persetujuan Admin. EmoticonEmoticon