Mengapa Burung Bermigrasi dan Apa Yang Mereka Cari

migrasi burung

Pojokinfounik.com- Meskipun memiliki ukuran tubuh yang relatif kecil, ternyata burung merupakan hewan yang memiliki daya jelajah luar biasa. Beberapa kelompok burung bahkan mampu dan biasa melakukan perjalanan panjang melintasi negara bahkan antar benua. Burung-burung ini berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya secara berkelompok dan menempuh jarak puluhan ribu kilometer. Kebiasaan burung-burung ini sering di sebut dengan migrasi atau migrasi burung.

Kegiatan migrasi burung merupakan rutinitas wajib yang di lakukan beberapa jenis burung setiap tahun dan mereka melakukan ini dalam kelompok besar. Migrasi burung menunjukkan bahwa adanya kesimbangan fungsi ekologis di berbagai belahan bumi. Kegiatan migrasi burung umumnya di lakukan pada bulan agustus hingga maret.

Mengapa Burung Bermigrasi dan Apa Yang Mereka Cari ?

Saat melakukan migrasi biasanya burung akan menempuh jarak yang luar biasa jauh bahkan menguras banyak energi. Kegiatan melelahkan ini bukanlah tanpa alasan melainkan ada suatu hal yang mereka cari. Burung melakukan migrasi karena proses alam seperti perubah iklim dan menurunnya jumlah cadangan makanan pada tempat mereka hidup. Selain itu musim kawin juga menjadi beberapa alasan burung melakukan migrasi.

Burung melakukan migrasi pada bulan Agustus hingga bulan Maret, dimana di belahan bumi utara mengalami musim dingin yang menyebabkan jumlah stok makanan burung-burung tersebut berkurang, akibat kondisi ini burung-burung yang hidup di Rusia timur laut, China, Alaska akan melakukan migrasi ke bumi belahan selatan guna mencari udara yang lebih hangat dan mencari tempat yang memiliki makanan dalam jumlah berlimpah. Setiap kelompok burung melakukan migrasi pada waktu yang berbeda-beda, ada yang migrasi pada siang hari dengan matahari sebagai petunjuk arah dan adapula burung yang migrasi pada malam hari dengan bulan sebagai patokan dan penunjuk arah.

Indonesia merupakan salah satu tujuan dari banyak burung untuk melakukan migrasi. Letak indonesia yang berada di antara dua benua yaitu asia dan australia menjadikan indonesia sebagai tempat yang strategis dengan kandungan jumlah makanan yang berlimpah. Dengan kondisi ini tak heran beberapa daerah indonesia khususnya di pinggiran pantai, hutan bakau dan taman nasional akan kebanjiran burung-burung pendatang pada saat musim migrasi. Beberapa jenis burung yang melakukan migrasi antara lain burung raptor dan beberapa jenis burung pemakan ikan yang biasa di temui di sepanjang garis pantai. Burung-burung ini akan menetap untuk beberapa waktu lalu akan kembali ke tempat asalnya dan proses ini akan berulang pada musim berikutnya dimana burung akan melakukan migrasi lagi.
Previous
Next Post »

Untuk Berkomentar Tanpa Login, Silahkan Pilih "Anonymous" Pada Comment As Dibawah.
Komentar Akan Tampil Setelah Mendapatkan Persetujuan Admin. EmoticonEmoticon