Ikan Napoleon, Si Raksasa Terumbu Karang Yang Di Ambang Kepunahan

ikan napoleon

Pojokinfounik.com- Dengan ukuran tubuh yang mampu tumbuh hingga mencapai 2 meter dan berat 200 kg menjadikan ikan dengan ciri tubuh bewarna biru ini berpredikat sebagai salah satu ikan karang terbesar di dunia. Ikan napoleon begitu sebutannya merupakan ikan terumbu karang yang dapat di jumpai pada batu dan terumbu karang di perairan samudra pasifik serta samudera hindia.

Ikan dengan nama lain Cheilunus undulatus ini termasuk dalam jenis ikan yang tidak suka berkelompok, tak heran banyak penyelam lebih sering menemui ikan napoleon melakukan aktivitas secara individu di sekitaran karang. Meskipun penyendiri namun ikan napoleon bukanlah ikan yang anti terhadap kehadiran mahluk lain, termasuk manusia, justru sebaliknya ikan napoleon sangat jinak dan tidak merasa terganggu terhadap kehadiran manusia di dekatnya. Kebiasaanya yang sering berada di perairan dangkal membuat ikan napoleon kerap di buru hingga membawa ikan ini kepada status terancam punah.

Lalu apa yang istimewa dan menarik dari ikan napoleon ?

Bila membicarakan mengenai ikan napoleon maka banyak sekali hal yang menarik sekaligus unik dari ikan yang satu ini. Berikut beberapa hal menarik dari ikan napoleon :

Pertama- Ikan napoleon adalah jenis ikan yang memiliki pola reproduksi Hermaprodit Protogini, dimana hewan dengan pola reproduksi seperti ini akan mengalami perubahan jenis kelamin. Biasanya ikan napoleon yang lahir sebagai ikan jantan akan berubah menjadi ikan betina pada saat ikan ini menjelang dewasa. Pola reproduksi seperti ini merupakan hal yang bisa di temui pada beberapa jenis hewan. contoh hewan lain yang memiliki pola reproduksi seperti ini adalah belut. Perubahan kelamin ini juga menjadi cara ampuh untuk mempertahankan kelangsungan hidup populasi.

Kedua- Ikan napoleon memiliki harga jual yang sangat tinggi bahkan mampu melampaui harga ikan salmon yang terkenal cukup mahal. Ikan napoleon bila langsung di beli dari nelayan memiliki harga mencapai Rp 600.000 per kg dan harga ini akan naik drastis ketika sampai pada pengumpul yakni Rp 1.000.000 per kg. Umumnya ikan napoleon di tangkap guna untuk di ekspor ke negara tetangga seperti Hongkong.  Harga ikan napoleon yang sangat mahal membuat banyak nelayan tertarik untuk menangkap ikan ini. Akibat dari penangkapan secara besar-besaran yang juga menggunakan cara-cara ilegal seperti penggunaan bom ikan, pukat dan beberapa cara menangkap ikan ilegal lainnya membuat populasi ikan napoleon menurun drastis. Ikan ini di ambang kepunahan dan membuatnya masuk pada daftar merah.

Ketiga- Ikan napoleon memiliki gigi yang besar dan kuat. Gigi-gigi ini sangat berperan dalam aktivitas pola makan ikan napoleon yang unik. Ikan napoleon memiliki hobi memakan kerang-kerang ukuran besar yang memiliki cangkang keras. Dengan giginya yang besar dan kuat membuat ikan napoleon dengan mudah memecahkan cangkang kerang lalu mengambil daging-daging kerang. Ikan napoleon juga sering kedapatan mengasah giginya pada batu-batu karang.

Keempat- Ikan napoleon termasuk pada kategori ikan terumbu karang terbesar di dunia. Ikan napoleon mampu tumbuh mencapai panjang 2 meter dengan berat hingga 200 kg. Ikan napoleon dapat hidup cukup lama yakni sampai 50 tahun.
Previous
Next Post »

Untuk Berkomentar Tanpa Login, Silahkan Pilih "Anonymous" Pada Comment As Dibawah.
Komentar Akan Tampil Setelah Mendapatkan Persetujuan Admin. EmoticonEmoticon