5 Makanan Khas Bali Yang Wajib Pecinta Kuliner Cicipi Ketika Ke Bali

Pojokinfounik.com- Siapa yang tak mengenal bali, salah satu tempat di muka bumi yang tak di ragukan lagi keindahan alamnya. Bali menawarkan panorama alam yang begitu mengagumkan tak heran bila banyak orang berbondong-bondong ketempat ini walau harus menempuh jarak yang sangat jauh. Selain memiliki bentang alam yang luar biasa indah, ternyata bali juga memiliki makanan khas alias kuliner khas yang siap menggoyang lidah para wisatawan.

Ada banyak sekali makanan khas bali yang wajib pecinta kuliner cicipi ketika bertandang ke bali. Masakan bali memang memiliki cita rasa khas yang mungkin tidak di temui di tempat lain. Berikut 5 makanan khas bali yang cukup populer dan di sukai banyak orang :

Ayam Betutu

ayam betutu bali

Ayam betutu merupakan masakan atau kuliner khas bali yang wajib anda cicipi ketika mengunjungi bali. Ayam betutu sangatlah populer dan bisa di katakan bahwa kuliner yang satu ini merupakan salah satu icon kuliner khas bali. Ayam betutu di buat dengan aneka rempah yang membuat masakan yang satu ini begitu di kagumi para pecinta kuliner.

Ayam betutu memiliki keunikan di mana ketika memasaknya semua bumbu dan rempah-rempah di masukan ke dalam bagian perut ayam. Selanjutnya ayam yang telah di bumbui di bungkus menggunakan daun pisang. Terakhir, ayam di panggang di atas bara api sekam hingga seluruh bagian ayam matang dan siap di santap.

Lawar Kuwir

lawar kuwir makanan khas bali

Bagi anda yang bukan asli bali pasti sedikit aneh mendengar nama makanan yang satu ini. Tapi tahukah anda bahwa di balik keanehan namanya ini ternyata lawar kuwir termasuk kedalam salah satu kuliner khas bali yang banyak di minati.

Lawar kuwir merupakan makanan yang terbuat dari campuran aneka bahan makanan seperti daging yang di cincang, sayuran, parutan kelapa dan aneka bumbu masakan khas bali. Daging yang biasa di gunakan adalah daging babi, namun bagi anda yang enggan memakan babi dapat memilih lawar luwir yang terbuat dari daging entok.

Lawar kuwir akan semakin lengkap bila di santap dengan di temani nasi putih hangat serta sate lilit khas bali.

Sate Lilit

sate lilit kuliner khas bali

Tak hanya sumatera barat dan madura saja yang memiliki makanan khas berupa sate, ternyata di balipun jenis makanan yang satu ini juga tersedia. Adalah sate lilit yang merupakan kuliner khas bali yang wajib anda coba sembari menikmati indahnya alam bali.

Sate lilit bali sangat berbeda dengan sate pada umumnya di mana sate ini di buat tidak dengan di tusuk melainkan di lilit. Daging yang di gunakan untuk membuat sate di cincang lalu di campur dengan aneka bumbu dan rempah-rempah. Selanjutnya adonan daging tadi di lilitkan pada batang serai yang telah di potong sedemikian rupa sehingga dapat di gunakan sebagai pengganti lidi seperti sate pada umumnya. Sate lilit biasa di santap bersama nasi putih dan juga lawar kuwir.


Jaja Bendu

jaja bendu makanan khas bali

Mendengar nama lawar kuwir saja sudah aneh dan unik sekarang ada lagi yang namanya Jaja bendu. Apa lagi ini jaja bendu ? , jaja bendu merupakan salah satu makanan tradisional bali yang hingga kini keberadaannya masih eksis. Jaja bendu bisa dikatakan sebagai makanan ringan yang bisa di santap sambil ngopi-ngopi. Jaja bendu terbuat dari tepung ketan yang di dalamnya terdapat isian berupa gula bali dan parutan kelapa. 

Rujak Kuah Pindang / Rujak Bulung

rujak kuah pindang bali

Siapa sangka ternyata bali juga memiliki makanan khas berupa rujak. Rujak bali lebih di kenal dengan sebutan rujak kuah pindang/rujak bulung. Rujak bali ini sangat unik karena berbeda dengan rujak pada umumnya terutama dari kuahnya. Kuah rujak khas bali ini terbuat dari campuran bumbu ikan tuna dan cabai yang tentunya memberi sensasi hot, selanjutnya kuah di campur aneka irisan buah dan rumput laut.
Previous
Next Post »

Untuk Berkomentar Tanpa Login, Silahkan Pilih "Anonymous" Pada Comment As Dibawah.
Komentar Akan Tampil Setelah Mendapatkan Persetujuan Admin. EmoticonEmoticon