Di Bangun Di Bawah Lapisan Es Greenland, Kini Basis Nuklir Amerika Mengacam Dunia

                                        
Pojokinfounik.com- Amerika serikat yang di kenal sebagai negara superpower memiliki kekuatan militer yang tak perlu dipertanyakan lagi. Negara ini memiliki pasukan tempur yang begitu hebat yang di dukung sistem persenjataan super canggih. Saat ini Amerika serikat berada di peringkat pertama sebagai negara produsen persenjataan yang memasok senjata ke berbagai negara di dunia, terutama negara-negara sekutu. Sistem persenjataan kelas ringan hingga kelas berat yang berteknologikan nuklir berhasil mereka kembangkan.

Namun tahukah anda bahwa pada tahun 1960 Amerika pernah membangun sebuah basis Nuklir yang merupakan bagian dari proyek Iceworm. Basis nuklir camp century begitu camp ini di kenal di bangun di bawah lapisan Es Greendland dan mampu menembakan nuklir dari terowongan es menuju ke Uni Soviet yang merupakan musuh bebuyutannya ketika masa perang dingin. Tak tanggung-tanggung di sini tersebar rudal-rudal nuklir yang jumlahnya mencapai 600 rudal dan siap di gunakan kapan saja untuk menghujani daerah teritorial lawan.

Basis Nuklir camp century memiliki terowongan yang panjangnya mencapai 4000 km dan di sini terdapat pos-pos militer dan bangunan-bangunan yang digunakan oleh para peneliti nuklir serta para pekerja lainnya. Namun sayang setelah 6 tahun berjalan, tepatnya pada tahun 1966 basis nuklir camp century terpaksa di tinggalkan dan beberapa fasilitas nuklir yang terdapat di camp ini di biarkan terbengkalai.

Tidak di operasikannya camp century semenjak tahun 1966 di karenakan pergerakan bongkahan es di dalam terowongan begitu cepat sehingga berpotensi menghancurkan terowongan dan menimbun seluruh stasiun peluncuran nuklir. 

Meskipun telah lama di tinggalkan dan sisa-sisa nuklir telah tertimbun di dalam lapisan es setebal 35 meter namun kini keberadaan limbah nuklir yang berada di dalam es tersebut berpotensi mengancam dunia, khususnya negara-negara yang berada di sekitar kawasan Greenland.

menurut penelitian terbaru yang di tuangkan dalam jurnal Geophysycal Research Letters menyebutkan bahwa akibat pemanasan global yang terjadi saat ini menyebabkan lapisan es yang membungkus limbah nuklir di camp century dapat mencair lebih cepat. 

Jika es telah mencair maka 9200 ton limbah nuklir yang selama ini tertimbun akan tersebar hingga mencemari lingkungan. Seperti di ketahui bahwa limbah nuklir sangatlah berbahaya karena dapat memicu penyakit mematikan seperti kanker. Lepasnya 9200 ton limbah nuklirnya ini juga membuat negara-negara yang berada di sekitar Greenland akan bersitegang dengan amerika selaku negara yang membangun Camp Century.
Previous
Next Post »

Untuk Berkomentar Tanpa Login, Silahkan Pilih "Anonymous" Pada Comment As Dibawah.
Komentar Akan Tampil Setelah Mendapatkan Persetujuan Admin. EmoticonEmoticon