Mengenal Burung Bubut dan Manfaatnya Yang Dapat Menyembuhkan Banyak Penyakit

Pojokinfounik.com- Burung Bubut, butbut atau burung bobot merupakan salah satu jenis burung yang tersebar di hampir seluruh wilayah indonesia. Burung ini cukup mudah di jumpai di sekitar semak belukar ataupun di hutan-hutan. Burung bubut memiliki ciri fisik berupa bulu yang berwarna hitam kebiruan dan sayapnya dengan dominasi warna coklat. Burung bubut memiliki ukuran tubuh yang cukup besar, yakni untuk burung bubut dewasa mampu tumbuh hingga panjang 46 cm. Dalam urusan makan, burung ini tak berbeda jauh dari burung-burung lainnya. Burung bubut memakan aneka jenis serangga, ulat dan belalang. 
burung bobot
Sebenarnya burung bubut tak hanya tersebar di indonesia saja akan tetapi burung ini juga di temukan di beberapa daerah di luar indonesia, seperti cina, filippina, india dan beberapa negara asia lainnya. Burung bubut memiliki suara yang unik, khas dan sangat berbeda dengan suara burung lain pada umumnya.

Saat ini populasi dari burung bubut mulai menurun, hal ini di sebabkan karena burung ini sering di buru untuk memenuhi kebutuhan manusia dalam memproduksi minyak bubut. Minyak bubut di percaya mampu menyembuhkan aneka penyakit seperti untuk patah tulang, penyakit wasir/ambeien, darah tinggi, gigitan serangga, luka bakar, perut kembung, asma, obat gusi bengkak, sariawan, obat sendi yang sakit, obat masuk angin dan aneka penyakit lainnya.
burung bubut
Khusus untuk mengatasi patah tulang, di beberapa daerah indonesia ada sebuah cerita unik mengenai proses perburuan burung butbut untuk mengobati patah tulang. Para pemburu burung bubut akan masuk kehutan untuk mencari sarang burung bubut yang di dalamnya terdapat anakan burung bubut. Setelah sarang dan anakan bubut di temukan maka para pemburu akan mematahkan kaki anakan bubut tersebut dan meninggalkannya.

Beberapa hari kemudian para pemburu akan kembali dan mengecek kondisi kaki burung yang patah. Dan alangkah luar biasanya bahwa kaki burung yang patah telah sehat seperti semula. Para pemburu kembali akan mematahkan kaki burung tersebut dan melakukannya sebanyak tiga kali. Jika yang ketiga kalinya kaki burung bisa kembali sembuh, maka para pemburu tersebut akan mengambil anakan burung bubut tersebut untuk di goreng dan di ambil minyaknya. Minyak inilah yang di percaya oleh pemburu sebagai obat untuk menyembuhkan patah tulang.
Previous
Next Post »

Untuk Berkomentar Tanpa Login, Silahkan Pilih "Anonymous" Pada Comment As Dibawah.
Komentar Akan Tampil Setelah Mendapatkan Persetujuan Admin. EmoticonEmoticon